Menulis Teras Berita-Sambungan (by Deddi iswanto)

Berikut ini adalah contoh vignette.

Josh Bartlett pulang dari sekolah pukul 4 sore. Dia mengerjakan beberapa tugas PR sosiologi dan ekonomi. Pada jam 7 malam dia mandi dan makan malam, lalu kembali belajar, kali ini ia mendalami matematika atau kimia.

 

“Biasanya, dalam keadaan normal,saya bisa belajar hingga tiga jam”, katanya.

Setelah dia menyelesaikan tugas-tugasnya, Bartlett juga harus mempersiapkan diri untuk ujian dan untuk lomba pidato. Jika semuanya lancar, dia bisa selesai jam 10.30 malam, tetapi sering kali dia baru bisa selesai jam 11 dan berangkat tidur jam 11.30 malam.

 

Bartlett adalah salah satu dari ribuan murid di AS yang terlalu banyak mendapat PR. Pada 1981, murid sekolah mengahabiskan  84 menit seminggu untuk mengerjakan PR. Pada 1997, angka itu naik menjadi 134 menit per minggu. Pada 1997 anak SMP menghabiskan tiga setengah jam untuk PR per minggunya, padahal pada 1981 hanya dua jam.

Update

Herbert Henry Dow High School

Midland, Mic.

 

Dalam berita di atas, teras vignette empat paragraf akhirnya mengarah ke paragraf berita utama dan fakta. Subjek berita, remaja dan pekerjaan rumah, adalah untuk pers sekolah, merupakan berita yang luas. Meskipun topiknya mempengaruhi setiap murid, bentuk teras vignette langsung membuat berita tampak personal, kisah seseorang adalah kisah semua orang. Apa yang dilakukan reporter Update adalah memberi sketsa deskriptif yang ringkas dilengkapi dengan kutipan langsung, yang menggambarkan seluruh gambaran yang menarik.

Untuk mengakhiri berita tentang pekerjaan rumah ini, penulis membawa kembali pembacanya ke bentuk sketsa cerita:

Sementara itu Bartlett akhirnya siap untuk tidur. Biasanya dia tidur 6 jam di malam hari. Padahal aturannya adalah 8 jam. Tetapi semua telah dikerjakan. Tugasnya telah selesai dan bukunya sudah dirapikan.

“selain tidur dan bersantai,” katanya,”saya mengelola semuanya.”

Contoh lain dari pembukaan vignette adalah berita tentang isu sosial, keluarga dan sarapan pagi.

Setiap pagi Ray Gautschy dari angkatan ’01 sarapan pagi sebelum ke sekolah. Barangkalil hal-hal ini mulai langka bagi banyak remaja sekarang, namun Gautschy tidak hanya sarapan saja. Dia duduk sarapan bersama seluruh keluarganya.

“kami melakukan ini turun-temurun,”kata Gautschy mengenai ritual keluarganya. “kami juga berusaha makan malam bersama setiap hari.”

Keluarga Gautschy memang lain daripada yang lain, sebab dewasa ini sebagian besar remaja mengatakan bahwa mereka tak pernah makan bersama-sama keluarga.

 

Lion

Lyon Township High School North Campus

laGrange, III.

Berita yang mengingatkan akan hilangnya kebiasaan sarapan pagi bersama keluarga ini disusun berdasarkan komentar dari murid dan pengajar sosiologi yang bertindak sebagai sumber “ahli.”

Amanda William dengan tenang duduk di kursinya di tengah-tengah anak-anaknya yang bermain-main, sambil menggendong anaknya Daniel yang berusia 10 bulan yang tertidur.

“saya tak tahu seperti apa hidupku seandainya aku tak punya dia,” kata Williams.

 

Dia berada di kegiatan Mommy and Me  yang diadakan setiap Kamis di Rumah Sakit Lakewood. Program ini memberi kesempatan orang tua untuk berbicara dengan orang tua lainnya yang sama-sama punya anak remaja.

 

Lakewood Times

Sekolah Tinggi Lakewood

Lakewood, Ohio

Entah itu panjang atau pendek, Vignette berguna sebagai alat bagi penulis berita umum, olahraga dan feature, Vignette juga efektif untuk berita di media siaran. Penulis harus selalu mencari orang riil sebagai bahan sketsanya, untuk membantu menyusun presentasi suatau kejadian fakta, figur dan opini selanjutnya. Fabrikasi mengarang Vignette bukan dari sesuatu yang riil adalah tidak etis dan tidak bisa diterima.

Tips untuk menulis teras berita

  1. Tanyakan pada diri Anda sendiri, “apa yang ingin saya beritahukan kepada pembaca?” bisakah Anda menulis jawaban ini dalam satu atau dua kalimat? Cobalah. Ini adalah salah satu cara agar Anda tetap fokus pada tujuan penulisan berita.
  2. Organisasikan cacatan Anda untuk enam jawaban pertanyaan dasar dari pembaca: apa, siapa,di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana?
  3. Putuskan mana dari enam itu yang paling penting.pertimbangkan kembali elemen-elemen berita yang sudah kita pelajari dalam pertemuan ke-2, pilihan anda dinamakan feature fact, fakta yang akan Anda tampilkan pertama kali dalam teras berita Anda. Mungkin ada beberapa fakta yang sama pentingnya di dalam teras berita ini.
  4. Mulailah menulis teras berita Anda dalam bentuk kalimat dan fakta terlebih dahulu. Kemudian tambahkan beberapa fakta lagi, beberapa jawaban lagi untuk melengkapi kalimat. Usahakan kalimatnya ringkas/pendek.
  5. Gunakan kata benda spesifik dan nama lengkap. Gunakan kata kerja yang hidup dan penuh warna. Kata sifat dan kata keterangan bisa memperkuat opini. Hubungan opini itu dengan sumbernya.
  6. Jika teras berita mengandung beberapa fakta yang tidak lazim dan amat penting, sebutkan sumber informasi ini di dalam teras berita Anda.
  7. Kalimat kedua dalam paragrapf  pertama dapat memperkuat atau memperluas fakta yang diberikan dalam paragraf pertama atau dapat menjawab lebih banyak pertanyaan pembaca.
  8. Jika paragrapf teras bersifat tak langsung atau menunda feature fact, tulis paragrapf inti (nut graph) sebagai lanjutan dari teras itu untuk memberi tahu pembaca tentang fakta tersebut.
  9. Jika Anda menulis teras dalam kalimat S-KKO (subjek-kata kerja objek) dan menganggapnya efektif, maka kembangkan paragraph selanjutnya untuk menjelaskan seluruh berita, jika Anda menganggap teras yang Anda tulis tidak menarik banyak pembaca ke barita Anda, cobalah variasikan teras  berita Anda.
  10. Review teras berita Anda sekali lagi setelah selesai Anda tulis. Jika Anda mengawali dengan sudut pandang kapan (“Tahun ini…”atau“ pada 23  Februari…”), maka Anda perlu mempertimbangkannya kembali.biasanya fakta kapan, meski sering penting, bukan cara yang menarik untuk memulai berita. Barangkali fakta siapa, apa atau mengapa lebih menarik?

Perbarui teras berita Anda dengan memasukkan perkembangan terbaru jika berita Anda ditulis untuk majalah mingguan atau dwi mingguan sebelum ia terbit. Usahakan berita Anda sebaru mungkin.

~ by debrajoem on May 28, 2009.

Leave a comment